cool hit counter

Lembaga Pengembangan Cabang dan Ranting - Persyarikatan Muhammadiyah

Lembaga Pengembangan Cabang dan Ranting
.: Home > Artikel

Homepage

SEJARAH BERDIRINYA CABANG MUHAMMADIYAH MUARA PADANG

.: Home > Artikel > Lembaga
11 Agustus 2014 08:45 WIB
Dibaca: 3321
Penulis :

SEJARAH BERDIRINYA CABANG MUHAMMADIYAH MUARA PADANG

KETIKA MATAHARI MULAI BERSINAR
DI MUARA PADANG

SEJARAH BERDIRINYA
CABANG MUHAMMADIYAH MUARA PADANG

PIMPINAN CABANG MUHAMMADIYAH MUARA PADANG
Alamat: Desa Sumber Makmur Jalur 20 kecamatan Muara Padang Padang Kabupaten Banyuasin Kode Pos 30773

SEJARAH BERDIRINYA CABANG MUHAMMADIYAH MUARA PADANG

Muara Padang adalah nama sebuah kecamatan di daerah perairan eks transmigrasi. Penduduk berasal dari berbagai daerah di Pulau Jawa ( Jawa Timur, Jawa Tengah dan Jawa Barat) dan dari Pulau Madura serta Pulau Bali pada tahun 1980. Daerah Muara padang ( yang dulu sering disebut Air Sugihan) merupakan lahan pasang surut, yang dulunya (sebelum Transmigrasi) adalah hutan rawa atau sebuah delta yang selalu tergenang air.
Oleh pemerintah dibuatlah saluran / parit atau sungai buatan yang dikemudian hari lebih popular disebut jalur. Sedang Nama Muara padang itu sendiri adalah nanma sebuah dusun (marga) di s tepi sungai yang merupakan tempat persinggahan spit boat jika akan ke Air Sugihan. Wilayah Air Sugihan ini dipisahkan oleh sebuah sungai. Sebelah kanan Air Sugihan Kanan terdiri atas Jalur 31, Jalur 30, Jalur 29, Jalur 27, Jalur 25, Jalur 23 termasuk dalam wilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) . Sedang yang sebelah kiri disebut Air Sugihan Kiri terdiri atas Jalur 20, Jalur 18, Jalur 16, Jalur 14, Jalur 13 termasuk dalam Kabupaten Musi Banyuasin. Setelah ada pemekaran Kabupaten termasuk dalam bagian dari Kabupaten Banyuasin.
Karena berasal dari berbagai daerah tentu beragam pula latar belakang sosial budaya, adat istiadat dan agama. Mayoritas mereka yang menjadi transmigran adalah yang kekurangan dari daerah asalnya ( maksudnya kekurangan social ekonomi, kesehatan dan pendidikan ). Pemerintah mengupayakan adanya peningkatan kesejahteraan bagi warga trasmigran dengan memberikan jatah makanan untuk 2 tahun. Dan berbagai fasilitas umum seperti sekolah, balai desa, pasar/kalangan dan tempat ibadah (masjid dan gereja).
Islam adalah agama mayoritas namun dalam perkembangan awalnya kegaiatn keagamaan juga diwarnai kegiatan umat non muslim seperti Kristen Protestan dan Katolik.
Muhammadiyah sebagai sebuah organisasi pembaharuan sangat alergi di kalangan muslim, apalagi di dalam belum dikenal sama sekali waktu itu.
Muhammadiyah baru dikenal oleh masyarakat setelah di desa Sidorejo Jalur 18 Jembatan 5 didirikan oleh Bapak Nachrowi yang menjadi kepala dusun (RW) pada tahun 1985. Pendirian organisasi ini diprakarsai oleh bapak Nachrowi, Darsan Muhammadi, Miftah, Imam Khudhori, Mbah Ngadenan yang daerah asalnya Trenggalek Jawa Timur dan masih banyak lagi, yang memang dari daerah asalnya adalah sudah menjadi warga Muhammadiyah. Ranting Sidorejo waktu itu menginduk ke Cabang Plaju/Seberang Ulu II.
Kemudian disusul berdirinya Ranting Muhammadiyah Desa Margorukun Jalur 14 SP 5 pada tahun 1994 yang diprakarsai oleh bapak Sumbadi, Bapak Kartomiarso dan Bapak Sulaeman yang daerah asalnya Cilacap Jawa Tengah.
Dan selanjutnya disusul berdirinya Ranting Muhammadiyah Desa Ganesha Mukti Jalur 14 SP 3 pada tahun 1995 yang diprakarsai oleh bapak Madmu Mulyana, bapak Ali Sholikin, Bapak Bakri dan kawan-kawannya yang daerah asalnya adalah Garut Jawa Barat.
Pada tahun 1996 berdiri pula Ranting Muhammadiyah di Jalur 10 Jembatan 1 Air Saleh yang dprakarsai oleh Bapak Husni Mubarok (waktu itu menjabat sebagai kepala desa), Bapak Imam Tauchid, Bapak Juriyanto dan kawan-kawan yang daerah asalnya Waleri Batang Jawa Tengah.
Kesemuanya berinduk ke Cabang Plaju/SU II Daerah Kotamadya Palembang, dikarenakan waktu itu secara administrasi pemerintahan masih ikut kabupaten Musi Banyuasin yang ibukotanya Sekayu. Sedangkan untuk mencapai ibukota kabupaten paling tidak dibutuhkan waktu sekitar 10 jam (sehari).
Ranting-ranting Muhammadiyah tersebut aktif dibina oleh Cabang Muhammadiyah Plaju sehingga 3 ranting telah memiliki masijd. Ranting Sidorejo ada Masjid Al Muhajirin, Ranting Ganesha Mukti ada Masjid An Nur, Ranting Sidoharjo ada Majsid Mujahidin. Dan di Ranting Sidorejo Jalur 18 ada TK ABA namun tidak bertahan lama akhirnya berhenti atau tutup.
Sedang di Jalur 20 juga ada gerakan Muhammadiyah yakni tahun 1995 di Air Gading yang diprakarsai oleh Bapak Maridin Mulyono yang dipusatkan di gedung Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hidayah yang di bawah naungan Yayasan Pendidikan Islam Nurul Hidayah milik Bapak Maridin Mulyono.
Pendirian Ranting Muhammadiyah Air Gading hasil dari kesepakatan pertemuan Bapak Drs. Mantoro BR, Bapak Maridin Mulyono, Bapak Mukardi, Bapak Darmaji dibantu oleh Bapak Nachrowi dan bapak Darsan dari Ranting Sidorejo berinduk ke Cabang Ilir Timur I Palembang
Setelah berdiri Ranting Muhammadiyah gedung dan segala asset Milik Yayasan diserahkan kepada Ranting Muhammadiyah Air Gading. Namun sayang surat-surat pelimpahan aset-aset tersebut surat-suratnya sampai sekarang tidak ditemukan, karena pada tahun 2002 Bapak Maridin mulai tidak aktif lagi di Muhammadiyah, sedang beliaulah yang menjadi Ketua YPI Nurul Hidayah dan beliau juga yang menjadi Ketua Ranting Muhammadiyah Air Gading dan surat menyurat disimpan beliau.
Inilah pelajaran bagi kita semua agar segala sesuatu itu hendaknya transparan dan dipublikasikan serta tercatat rapi. . Dan inilah cikal bakal berdirinya SMP Muhammadiyah Muara Padang pada 17 Juli 1995 ( Dulu bernama SMP Muhammadiyah Air Sugihan I) Yang menjadi pengurus Ranting Muhammadiyah pertama adalah Ketua Bapak Drs Mantoro BR (guru SMA negeri), Bapak Maridin Mulyono(Guru), Bapak Kastim (PPL), Bapak Mukardi (guru SD) Bapak Darmaji Abdul Aziz (guru).

Bertindak sebagi kepala Sekolah Bapak Drs Mantoro BR, sedang guru-gurunya Bapak Maridin Mulyono, Bapak Darmaji Abdul Azis, Bapak Kastim, Bapak Suroso, Bapak Irwanto Idamansyah, Bapak Nurkholis, Bapak Mukardi dll.
Bersamaan itu pula didirikan juga Ranting Muhammadiyah Sumber Makmur Jalur 20 jembatan 3 yang diprakarsai oleh Bapak Drs Sa’ari (KS SMAN 1) Bapak Azwar wafiq (staf kecamatan) Bapak Ikhsan, Bapak Mulyono (PLKB) yang berinduk ke Cabang Ilir Timur I Palembang. Pendirian Ranting Muhammadiyah ini terus dikiuti dengan pendirian TK Aisyiyah Bustanul Athfal namun hanya berjalan 2 tahun.
Pada tahun 2000 bulan Oktober berdiri pula dua Ranting Muhammadiyah yang baru yaitu Ranting Muhammadiyah Margomulyo/Tanjung Baru yang diprakarsai oleh Zulkifli Jemain yang wilayahnya meliputi Desa margomulyo jalur 20 yang waktu itu diprakarsai oleh Bapak Nurkholis yang dikemuadian hari pindah tugas ke SDN di Mariana, sedang di Tanjung baru diprakarsai oleh keluarga besar bapak Jemain Hasyim,
Sedang yang satunya Ranting Muhammadiyah Sidomulyo Jalur 20 Jembatan 4, yang diprakarsai oleh Bapak Mukardi, Bapak Darmaji Abdul Azis, Bapak Heru Susanto, Bapak Ulpa Yusmadi. Dalam pendirian Ranting Muhammadiyah ini agak unik. Di karenakan memang masyarakat di desa Sidomulyo Jalur 20 tidak menghendaki berdirinya Ranting Muhammadiyah, pertemuan pendirian ranting Muhammadiyah diadakan di rumah Bapak Mukardi.Dalam pertemuan pertama itu di rencakan akan diadakan di mushola Baitul Muslimin, tetapi karena tidak diperbolehkan oleh masyarakat/ jamaah musholla, maka dipindahkan di rumah bapak Mukardi, dan masyarakat sekitarpun ( yang diundang) tidak ada yang datang. Namun pengajian dan pendirian ranting Muhammadiyah tetap berjalan Karena jamaah didatangkan dari siswa-siswa dan guru-guru SMP Muhammadiyah. Hadir juga Bapak Drs Mantoro BR dari Sumber Makmur, maka atas saran belaiu Ranting Muhammadiyah tetap berdiri.
Ranting Muhammadiyah Margomulyo Tanjung Baru dan Ranting Muhammadiyah Sidomulyo 20 kedua-duanya sama berinduk ke Cabang Muhammadiyah Plaju/SU II.

Latar Belakang Berdirinya Cabang Muhammadiyah Muara Padang
Bermula dari pengajian di Desa Tanjung Baru (peresmian Masjid Nurul Iman). Yang Waktu itu sebagai penceramah adalah Ustadz Nofrizal Nawawi, Lc. seingat saya pada hari Jumat, sebab setelah pengajian beliau (ustadz Nofrizal Nawawi Lc) menjadi khotib sholat Jumat, Setelah selesai sholat Jumat Ustadz Nofrizal saya ajak ke Sidomulyo Jalur 20, waktu itu naik sepeda motor saya (Mukardi) dan Bapak Amor .
Di sepanjang perjalanan beliau (Ustadz Nofrizal nawawi menyaksikan bangunan dan fasilitas milik Katolik di Jembatan 2 desa Purwodadi lengkap dengan Gereja, Balai Pengobatan, Balai latihan Kerja (bengkel dan menjahit) asrama suster, panti Asuhan Santa Maria, Panti Sosial (Pansos) Bodronoyo, Koperasi Setia Kawan, SMP Santo Louis.
Setelah sampai di Sidomulyo beliau (Ustadz Nofrizal) menginap di rumah bapak Amor, setelah maghrib beliau mengisi pengajian di Musholla Baitul Muslimin dan sebelumnya mampir dulu di rumah bapak Mukardi. Dinilah terjadi pembicaraan yang mengarah tentang pentingnya Ranting-Ranting Muhammadiyah yang ada di Kecamatan Muara Padang ini bersatu untuk membentuk Cabang Muhammadiyah agar memudahkan koordinasi sehingga mempercepat perkembangan Muhammadiyah.
Kesempatan itu sangat saya manfaatkan untuk membicarakan persiapan pembentukan Cabang Muhammadiyah. Setelah pengajian beliau (Ustadz Nofrizal Nawawi menyarankan agar Ranting-ranting yang ada dikumpulkan disuatu tempat untuk membentuk panitia pembentukan cabangmuhammadiyah.
Mulai saat itu saya segera berkoordinasi dengan bapak Mantoro BR, Bapak Amor, dan Bapak Abdul Manan pada awal tahun 2001.
Maka disepakatilah mengadakan pelatihan Kader Dakwah Muhammadiyah bertempat di Balai desa Sidomulyo 20 dengan peserta 5 orang tiap ranting. Hadir Ranting Sidorejo , Margorukun, Ganesha Mukti, Sidoharjo, Margomulyo/Tanjung Baru, Sumber Makmur, Air Gading dan Sidomulyo. Sedangkan dari PWM Sumatera selatan Hadir Ustadz Nofrizal Nawawi Lc (Majelis Tabligh dan Dakwah Khusus), Bapak Drs Aslin Ahmad, Bapak Drs. Makmuri, Bapak Suroso, S.Ag.
Dalam pelatihan itu masing-masing Ranting menyetujui untuk bergabung menjadi Cabang Muhammadiyah Muara Padang. Maka disusunlah Panitia pendirian Cabang Muhammadiyah yaitu:
1. Bapak Abdul Manan sebagai ketua
2. Bapak Mukardi Sekretaris
3. Bapak Darsan Muhammadi (PRM Sidorejo)
4. Bapak Sumbadi (PRM Margorukun)
5. Bapak Madmu Mulyana (PRM Ganesha Mukti)
6. Bapak Husni Mubarok (PRM Sidoharjo)
7. Bapak Nurkholis (PRM Margomulyo)
8. Bapak Maridin Mulyono (PRM Air Gading)
9. Bapak Drs Mantoro BR (PRM Sumber Makmur)
10. Bapak Amor (Sidomulyo 20).
Dalam pertemuan tersebut disepakatilah akan mendirikan Cabang Muhammadiyah Muara Padang yang merupakan pemekaran dari gabungan Ranting Muhammadiyah yang merupakan binaan Cabang Muhammadiyah Plaju/SU II dan Cabang Muhammadiyah Ilir Timur I Palembang.
Di bulan Juli 2001, ketika Ranting Muhammadiyah Sumber Makmur dan Ranting Muhammadiyah Air Gading menghadiri Musyawarah Cabang Muhammadiyah di Ilir Timur I, maka dalam laporannya bapak Mantoro menyampaikan bahwa 2 ranting yang dari Muara padang ini mohon ijin (rekomendasi) untuk bergabung dengan ranting Muhammadiyah yang lain membentuk Cabang Muhammadiyah Muara Padang.
Di bulan Agustus, ketika Ranting Muhammadiyah yang dari Jalur (perairan) yang bergabung ke Cabang Plaju/SU II antara lain Ranting Sidorejo, Ranting Margorukun, Ranting Ganesha Mukti, Ranting Sidoharjo, Ranting Margomulyo/Tanjung Baru dan Ranting Sidomulyo 20 mengikuti Musyawarah Cabang Muhammadiyah Plaju/SU II di SMA Muhammadiyah 4 Palembang, mengusulkan dan memohon ijin (rekomendasi) akan membentuk Cabang Muhammadiyah Muara Padang.
Setelah diurus segala persyaratan dan mendapat rekomendasi dari PCM Ilir Timur I Palembang dan rekomendasi dari PCM Plaju/SU II, dan rekomendasi dari PDM Musi Banyuasin, maka diusulkan ke PWM Sumsel.
Akhirnya Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumatera Selatan menyetujui pengesahan pendirian Cabang Muhammadiyah Muara Padang sesuai isi Surat Keputusan nomor tertanggal 22 Februari 2002 yang luas wilayahnya meliputi desa Sidorejo, Margomulyo, Ganesha Mukti, Sidoharjo, Air Gading, Sumber Makmur, Magromulyo/Tanjung Baru dan Sidomulyo 20.
Setelah mendapatkan SK pengesahan pendirian, maka direncanakan mnyelenggarakan Musyawarah Cabang Muhammadiyah yang pertama yakni tanggal 13-14 April 2002. Dalam Musyawarah Cabang Muhammadiyah yang pertama itu hadir DR. Edi Mart Salim dari PWM, H.Muazim Syair dari PDM Kota Palembang, Alfian BR dari PCM Plaju/SU/II.

MUSYAWARAH CABANG PERDANA
Musyawarah Cabang Muhammadiyah pertama dilaksanakan di Balai desa Sumber Makmur Jalur 20 Kecamatan Muara Padang. Setelah upacara pembukaan pada kesempatan itu juga diadakan peletakan batu pertama pembangunan gedung kantor Pimpinan Cabang Muhammadiyah Muara Padang di atas tanah hibah dari Bapak Kepala Desa (Irwanto Idamansyah) seluas 8.000 M2 .
Muhammadiyah Muara Padang yang berdiri sejak tanggal 22 Februari 2002, yang merupakan gabungan dari 2 Ranting Muhammadiyah yang menginduk di Cabang Ilir Timur I Palembang dan 6 Ranting Muhammadiyah yang menginduk ke Cabang Plaju/Seberang Ulu II Palembang.

No Ranting Muhammadiyah Berdiri tahun Binaan Cabang
1 Sidorejo 1985 Plaju Palembang
2 Margo Rukun 1994 Plaju Palembang
3 Ganesha Mukti 1995 Plaju Palembang
4 Sidoharjo 1996 Plaju Palembang
5 Margomulyo/Tanjung Baru 2000 Plaju Palembang
6 Sidomulyo 2000 Plaju Palembang
7 Sumber Makmur 1995 Ilir Timur I Palembang
8 Air Gading 1995 Ilir Timur I Palembang

Musyawarah Cabang Muhammadiyah Muara Padang yang pertama yakni tanggal 13-14 April 2002 tepilihlah Drs. Mantoro. BR sebagai ketua, Mukardi sebagai sekretaris, Drs. Tumino sebagai wakil Sekretaris, Abdul Manan, S.Ag, Darsan Muhammadi, Malikun, Maridin Mulyono, Darmaji Abdul Azis masing-masing sebagai wakil ketua, Nurkholis sebagai bendahara, Amor sebagai wakil bendahara.

Dalam Musyawarah Cabang Muhammadiyah yang pertama tersebut terpilih pimpinan sebagai berikut:
1. Drs. Mantoro, BR
2. Mukardi
3. Drs. Tumino
4. Abdul Manan, S.Ag
5. Darsan Muhammadi
6. Malikun
7. Maridin Mulyono
8. Amor
9. Nurkholis
10. Darmaji Abdul Azis

Susunan pengurus Periode 2000-2005

Ketua : Drs Mantoro, BR
Wakil Ketua : Darsan Muhammadi
Wakil Ketua : Abdul Manan, S.Ag
Wakil Ketua : Maridin Mulyono
Wakil Ketua : Nurkholis
Wakil Ketua : Malikun
Sekretaris : Mukardi
Wakil Sekretaris : Drs. Tumino
Bendahara : Amor
Wakil Bendahara ; Darmaji Abdul Aziz

Dari kedelapan Ranting Muhammadiyah itulah bersatu sehingga menjadi Cabang Muhammadiyah di Muara Padang. Memang secacra geografis dan administrasi kepemerintahan, Kecamatan Muara Padang menjadi bagian dari wilayah Kabupaten Musi Banyuasin (2002), tetapi karena dari awal berdiri semua ranting Muhammadiyah di Muara Padang berinduk ke Cabang Plaju dan Ilir Timur I Palembang, Maka Cabang Muhammadiyah Muara Padang juga berinduk ke Daerah Muhammadiyah Kota Palembang. Dalam hal pembinaan dakwah Muhammadiyah hal seperti ini bisa saja walupun lintas kabupaten, justru dengan bergabung ke Daerah Muhammadiyah Kota Palembang, Cabang Muhammadiyah Muara Padang mendapat bimbingan dan pembinaan dakwah Muhammadiyah.
Sebagai langkah awal aksi PCM Muara Padang adalah mendirikan TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 yang terletak di desa Sidomulyo Jalur 20 Kecamatan Muara Padang dimulai 12 Agustus 2002, karena belum memiliki gedung sendiri untuk sementara menempati balai desa sebagai tempat belajar, dalam pengelolaannya dibina oleh PRM Sidomulyo dengan kepala sekolah yang pertama adalah Ibu Sulasih.
Dalam menggerakkan roda persyarikatan Muhammadaiyah bapak Drs. Mantoro, BR selaku ketua senantiasa memberikan semangat sehingga banyak program-program yang bisa dilaksanakan buktinya dalam waktu yang relatif singkat yakni sekitar 2 bulan yakni di bulan Juni 2002, datanglah kerumah saya bapak Sutarin dan bapak Amar dari Desa daya Murni Jalur 16, yang intinya ingin mendirikan ranting Muhammadiyah dan bergabung ke Cabang Muara Padang. Untuk menindaklanjuti permintaan tersebut maka PCM mengutus Bapak Abdul manan, S.Ag, Bapak Mukardi dan bapak Suliono untuk melakukan survey dan mengadakan kunjungan silaturahmi.
Dari hasil kunjungan tersebut maka disepakati pendirian Ranting Muhammadiyah Daya Murni Jalur 16. Setelah diusulkan oleh panitia pendirian dan persyaratan terpenuhi, maka PCM Muara Padang memberikan rekomendasi. Dan meneruskan ke PDM Kota Palembang. Tidak sampai satu bulan PDM Kota Palembang menerbitkan Surat Keputusan Pendirian Ranting Muhammadiyah Daya Murni.
Dengan berdirinya Ranting Muhammadiyah Daya Murni sudah mulai dikenal oleh masyarakat desa-desa sekitar, sehingga pada bulan berikutnya ( Agustus 2002) sewaktu saya pulang dari pengajian di Daya Murni, saya singgah ke Desa Sugih Waras Jalur 16 bersama Bapak Darsan Muhammadi dan Mukardi bertemu dengan Bapak Hasan Sahudi dan bapak Ahmad Ustadz. Terjadilah pertemuan pertama dengan bapak Hasan Sahudi di rumah beliau, hasil dari pertemuan itu beliau menginginkan agar bersama kawan-kawan yang ada di Sugihwaras bisa mendirikan Ranting Muhammadiyah
. Melihat semangat yang tinggi kesempatan ini saya manfaatkan untuk semakin cepat mendirikan ranting Muhammadiyah, karena di Desa Sugihwaras telah berdiri gereja Katolik dengan megah dan jamaah yang banyak. Bahkan pihak katolik semakin gencar reaksinya ketika di desa Sugihwaras akan berdiri Muhammadiyah. Dengan yang tinggi cepat saya sanggupi walupun waktu itu anggota baru lima orang.
Setelah panitia mengajukan surat permohonan dan PCM Muara Padang merekomendasinya akhirnya PDM Kota Palembang menngesahkan Pendirian Ranting Muhammadiyah Sugihwaras.
Pada 19 Agustus 2003 dmulailah pendirian TK Aisyiyah Bustanul Athfal 2 yang terletak di desa Sumber Makmur Jalur 20 dengan ruang belajar menumpang di Kantor PCM Muara Padang dengan kepala sekolah pertama Ibu Ngatinyem.
Setahun kemudian (2003) berdiri pula Ranting Muhammadiyah Daya Makmur Jalur 18 yang diketuai oleh bapak Sunardi, Sudaryo dan bapak Subardi dan kawan-kawan yang juga disyahkan oleh PDM Kota Palembang. Di Ranting Daya Makmur inilah cikal bakal berdirinya SMA Muhammadiyah.
Sesuai program Kerja hasil Musyawarah Cabang bahwa akan mendirikan SMA Muhammadiyah Muara Padang, hal ini disambut baik oleh Bapak Sudaryo, SP. selaku Kepala Desa Daya Makmur menghibahkan tanah fasilitas umum seluas 30.750 M2 kepada PCM Muara Padang Untuk Bangunan SMA Muhammadiyah 1 Muara Padang.
Pada tahun 2004 bulan September dimulailah perintisan pendirian SMA Muhammadiyah yang diketuai oleh Bapak Subardi SP, bapak Wawi Hanapi, SP bapak Sunardi dan kawan-kawan. Maka pada 17 Juli 2005 SMA Muhammadiyah 1 Muara Padang mulai menerima siswa baru dan Bapak Drs Tumino sebagai Kepala Sekolah pertama dan sehubungan belum mempunyai gedung/tempat belajar untuk sementara menempati gudang milik IFADD (Dinas Perkebunan Banyuasin).

Pemekaran Kabupaten Banyuasin
Seiring perkembangan jaman Kabupaten Musi Banyuasin, dimekarkan menjadi Kabupaten Banyuasin pada tahun 2002 Maka Muhammadiyah Banyuasin pun menghimpun Cabang Muhammadiyah Banyuasin III, Cabang Muhammadiyah Makarti Jaya (dari PDM Musi Banyuasin) dan Cabang Muhammadiyah Muara Padang (dari Dari PDM Kota Palembang ) membentuk Pimpinan daerah Muhammadiyah Banyuasin pada tahun 2004 Musyawarah Daerah yang pertama adalah bulan April 2004.
Maka sejak tahun 2004 Cabang Muhammadiyah Muara Padang pisah dari Kota Palembang dan bergabung ke PDM Banyuasin.

Perubahan Struktur Pimpinan
Dalam segi kepengurusan PCM Muara Padang mengalami perubahan struktur dikarenakan Bapak Drs Mantoro BR pindah tugas ke Yogyakarta dan Bapak Abdul Manan, S.Ag mengundurkan diri, bapak Nurkholis pindah tugas ke Mariana. Dengan demikian praktis senior-senior tidak ada. Walaupun demikian kegiatan tetap berjalan
Dalam perjalanan kepengurusan di tahun 2003 bapak Nurkholis pindah tugas ke Mariana Kecamatan Banyuasin I. Pada bulan Mei 2004 Bapak Abdul Manan, S.Ag mengundurkan diri dari unsur Pimpinan Cabang Muhammadiyah Muara Padang. Pada bulan Agustus 2004, bapak Drs Mantoro BR pindah tugas ke Yogyakarta, maka diadakan pergantian kepengurusan sehingga menjadi :

Ketua : Mukardi
Wakil Ketua : Darsan Muhammadi
Wakil Ketua : Maridin Mulyono
Wakil Ketua : Malikun
Sekretaris : Drs. Tumino
Wakil Sekretaris : Darmaji Abdul Azis
Bendahara : Amor

Pada tanggal 2 Agustus 2004 didirikan pula TK Aisyiyah Bustanul Athfal 3 yang terletak di desa Sugihwaras Jalur 16 yang untuk sementara ruang belajar menumpang di rumah penduduk hingga sampai sekarang, kepala sekolahnya Ibu Partini hingga sekarang.
Keberadaan TK Aisyiyah di Muara Padang lebih mudah diterima masyarakat daripada Muhammadiyah, karena dadri awal memang masyarakat alergi terhadap Muhammadiyah, tetapi dengan Aisyiyah, mereka menganggap Aisyiyah bukan Muhammadiyah.
Dalam perkembangan selanjutnya beberapa ranting baru berdiri setelah Musyawarah Cabang pertama tersebut, hingga samapai pada akhir periode 2005-2010 bertambah menjadi sebagai berikut :

DAFTAR NAMA RANTING MUHAMMADIYAH
DI KECAMATAN MUARA PADANG
Keadaan Tahun 2012
No Nama Ranting
Muhammadiyah Alamat Berdiri tahun Ketua
1 Sidorejo Jalur 18 Jembt 5 1985 Sunar Efendi
2 Margo Rukun Jalur 14 SP 5 1994 Sumbadi
3 Ganesha Mukti Jalur 14 SP 3 1995 Syamsudin
4 Sidoharjo Jalur 10 Jembt 1 Air Saleh 1996 Juriyanto
5 Margomulyo/Tanjung Baru Tanjung Baru 2000 Jemain Hasyim
6 Sidomulyo Jalur 20 Jembt 4 2000 Nikas Gian Raharjo, S.Pd
7 Sumber Makmur Jalur 20 Jembt 3 1995 M. Ikhsan
8 Air Gading Jalur 20 Jembt 5 1995 Supadi
9 Daya Murni Jalur 16 Jemt 1 2002 Tri Ariansyah
10 Sugih Waras Jalur 16 2003 Ahmad Ustadz
11 Daya Makmur Jalur 18 Jembt 3 2003 Sunardi, A.Ma.Pd
12 Rejosari Jalur 14 SP 11 2004 Miharto
13 ArgoMulyo Jalur 14 Blok H 2005 Slamet Riyono, S.Pd
14 Tirtaharja Jalur 14 SP 10 2007 Yahman
15 Srikaton Jalur 10 Jembt 2 Air Saleh 2011 Yuswardi
16 Saleh Mukti Jalur 8 Jembt 2 Air Saleh 2012 Suyanto, S.Pd

Dengan kondisi geografis daerah perairan pasang surut, terletak di Kecamatan Muara Padang, Kecamatan Muara Sugihan dan Kecamatan Air Saleh. Kini keberadaannya tetap dipertahankan walaupun dari segi keanggotaanya sangat sedikit, tetapi amal usahanya sudah semakin banyak secara kwantitas, mudah-mudahan akan diikuti secara kwalitasnya

A. ORGANISASI
Cabang Muhammadiyah Muara Padang yang berdiri sejak tanggal 22 Februari 2002 telah melaksanakan Musyawarah Cabang 3 kali :

No Muscab Waktu Tempat Ketua
1 Pertama 13 April 2002 Sumber Makmur Drs Mantoro BR
2 Kedua 14 April 2006 Daya Makmur Mukardi
3 Ketiga 25 Juni 2011 Sumber Makmur Mukardi, S.Pd

Susunan pengurus Periode 2000-2005

Ketua : Drs Mantoro, BR
Wakil Ketua : Darsan Muhammadi
Wakil Ketua : Abdul Manan, S.Ag
Wakil Ketua : Maridin Mulyono
Wakil Ketua : Nurkholis
Wakil Ketua : Malikun
Sekretaris : Mukardi
Wakil Sekretaris : Drs. Tumino
Bendahara : Amor
Wakil Bendahara ; Darmaji Abdul Aziz

Susunan pengurus Periode 2005-2010

Ketua : Mukardi,S.Pd
Wakil Ketua : Abdul Bashir
Wakil Ketua : Husni Mubarok
Wakil Ketua : Drs. Mulyono
Sekretaris : Drs. Tumino
Wakil Sekretaris : Darmaji Abdul Aziz, S.Pd
Bendahara : Suparlan

Susunan pengurus Periode 2010-2015

Ketua : Mukardi,S.Pd
Wakil Ketua : Abdul Bashir
Wakil Ketua : Husni Mubarok
Wakil Ketua : Tri Ariansyah
Wakil Ketua : Irwanto Idamansyah, SKM
Wakil Ketua : Muhammad Rohimin, S.Pd.I
Sekretaris : Yusanto, A.Ma.Pd
Bendahara : Amor, S.Pd

Organisasi Otonom (ORTOM) Tingkat Cabang Muara Padang

Kondisi tahun 2011
1. Aisyiyah
Ketua : Hanifah
Sekretaris : Nurhidayati,S.Ag
2. Pemuda Muhammadiyah
Ketua : Miswanto, S.Ag
Sekretaris : Ahmad Hikanm Jauhari
3. Hizbul Wathan
Ketua : Darmaji Abdul Aziz, S.Pd.
Sekretaris : Marimun, S.Pd
4. Ikatan Pelajar Muhammadiyah
Ketua : Eva Riyanti
Sekretaris : Surya Hasanah

Pada kondisi saat ini tahun 2014
1. Aisyiyah
Ketua : Hanifah
Sekretaris : Nurhayatin

2. Pemuda Muhammadiyah
Ketua : Miswanto, S.Ag
Sekretaris : Ahmad Hikanm Jauhari

3. Hizbul Wathan
Ketua : Darmaji Abdul Aziz, S.Pd.
Sekretaris : Marimun, S.Pd

4. Ikatan Pelajar Muhammadiyah
Ketua : Endang Sumaryati
Sekretaris : Mirna Elisa

Pemekaran Cabang Air Saleh
Setelah ada pemekaran Kecamatan Air saleh dan Kecamatan Muara Sugihan dari induknya Kecamatan Muara Padang, seiring itu pula mula dirintis adanya pemekaran Cabang.
Muhammadiyah di kecamatan Air Saleh ada 3 Ranting yaitu Ranting Sidoharjo, Ranting Srikaton dan Ranting Saleh Mukti, dengan dibina oleh Bapak Abdul Bashir dan Bapak Mukardi sebagai fasilitatornya, maka mulai tanggal 13 Desember 2013 Air Saleh berdiri Cabang Muhammadiyah air Salek yang ber induk ke Daerah Banyuasin Wilayah Sumatera Selatan.
Musyawarah pertama dilaksanakan di Srikaton pada tanggal 29 – 30 Maret 2014 dan terpilih sebagai ketua bapak Mujo Purnomo, S.Pd sekretaris Bapak Muzaidi, S.H.I

Dengan adanya pemekaran Cabang Air saleh ini maka Cabang Muhammadiyah Muara Padang wilayahnya hanya meliputi kecamatan Muara Padang dan kecamatan Muara Sugihan dengan Ranting Muhammadiyah sebanyak 13 ranting.

B. BIDANG TABLIGH DAN DAKWAH KHUSUS

Kegiatan pengajian ditiap Ranting tidak merata aktif, artinya ada yang aktif tiap seminggu sekali, ada yang tiap bulan, ada yang macet, namun masih relatife lancar.
Kegiatan Kunjungan tabligh oleh Pimpinan Cabang dengan mengikut sertakan Ortom dan Pimpinan Ranting diadakan setiap bulan Ramadhan bergiliran keliling tiap ranting. Dalam kegiatan safari Ramadhan tersebut juga diadakan konsolidasi organisasi dan tabligh.
Kegiatan Safari Ramadhan dari Pimpinan Daerah juga rutin dilakukan oleh PDM Banyuasin dengan bergantian tempat di ranting yang berbeda.
Bulan Ramadhan Tahun 1431 H yang lalu Pimpinan Wilayah Muhammadiyah juga turba ke Cabang Muara Padang yang ditempatkan di SMP Muhammadiyah 1 Muara Padang dalam rangka safari Ramadhan,
Dalam rangka meningkatkan kemampuan da’I Majelis tabligh juga telah mengirimkan da’inya pada berbagai pelatihan yang diadakan oleh Majelis Tabligh dan Dakwah Khusus di Palembang.
Namun demikian kendala di bidang dakwah ini tentu sangatlah banyak, diantaranya kekurangan tenaga da’I yang mumpuni, sehingga belum bias secara maksimal menjangkau dan mengkoordinasikan serta menggerakkan kegiatan dakwah, di samping itu juga kondisi geografis yang masih sulit dijangkau dimusim hujan.
Sering mengadakan kunjungan ke Muara Telang dalam menjalin silaturahim dan pengajian.

C. BIDANG PERKADERAN
Dalam hal perkaderan Muhammadiyah seharusnya lebih diutamakan, karena kader inilah nantinya yang meneruskan perjuangan Muhammadiyah di masa yang akan datang. Krisis kader merupakan hal yang sangat ditakutkan, kader dalam arti yang memang menghidupi Muhammadiyah secara totalitas bukan kader yang hidup di Muhammadiyah. Ketika yang dibicarakan Persyarikatan Muhammadiyah memang terasa sekali krisis kader, tetapi ketika yang dibicarakan amal usaha Muhammadiyah tidak mengalami krisis kader.
Kader-kader yang ada memang ada kaitan antara amal usaha dan persyarikatan, tetapi kenyataan ketika bukan yang militant, hanya mementingkan amal usaha tanpa peduli dengan persyarikatan.
Seharusnya dengan banyaknya amal usha berarti akan semakin banyak juga kader-kader Muhammadiyah.
Dalam menyikapi adanya wacana krisis kader ini makan kegiatan yang diikuti olleh Cabang Muhammadiyah adalah :
1. Mengikuti kegiatan Perkaderan yang diadalan oleh Majelis Pendidikan Kader PWM Sumsel di BPPPNFI Palembang. Dari Muara Padang mengutus Mukardi, S.Pd dan Irwanto Idamansyah, SKM selama 4 hari.
2. Mengikuti Pelatihan Baitul Arqom dan Darul Arqom yang diadakan oleh PDM Banyuasin tahun 2010.
3. Mengadakan Pelatihan Baitul Arqom Tingkat Cabang di Daya Murni Jalur 16. Pada waktu itu disepakati akan ditindaklanjuti bergilir setiap 2 bulan sekali tetapi belum terrealisasi.
4. Mengadakan Baitul Arqom di SMP Muhammadiyah 1 Muara Padang di awal tahun 2011 ini.
PCM Bersama IPM mengadakan Taruna Melati I sebanyak 4 kali

D. KESEHATAN

Mulai tahun 2011 ini PCM Muara padang akan mulai membangun gedung untuk Klinik PKU Muhammadiyah yang terletak di Lokasi Kantor Cabang Muhammadiyah Desa Sumber Makmur Jalur 20.
Telah 3 kali mengadakan Pengobatan Massal dan Khtanan Massal secara gratis kerja sama dengan Rumah Sakit Muhammadiyah Palembang.

E. KEGIATAN LAIN

Berbagai kegiatan yang diadakan secara rutin oleh SMP/SMA Muhammadiyah seperti Latihan kepanduan Hizbul Wathan, Perkemahan, Tapak Suci

DATA PIMPINAN CABANG MUHAMMADIYAH MUARA PADANG
PERIODE 2005-2010

NO NAMA NBM JABATAN ALAMAT NO. TELP/HP
1 Mukardi, S.Pd 795494 Ketua Sidomulyo Jlr 20 081632303088
2 Abdul Bashir 966608 Wakil Ketua Daya Murni Jlr 16 081376885061
3 Husni Mubarok 805470 Wakil Ketua Sidoharjo Jlr 10 081367241332
4 Drs. Mulyono Wakil Ketua Sumber Makmur 081532739737
5 Drs. Tumino 953140 Sekretaris Sumber Makmur 081532066330
6 Darmaji Abdul Aziz, S.Pd 813565 Wakil Sekretaris Sidomulyo Jlr 20 081532519595
7 Suparlan 1070273 Bendahara Sugihwaras Jlr 16 081368635440

DATA PIMPINAN RANTING MUHAMMADIYAH
NAMA PRM : SIDOREJO
Alamat Sekretariat PRM : Desa Sidorejo Jalur 18 Kecamatan Muara Padang Kabupaten Banyuasin

SK PCM Muara Padang
Nomor : 013/KEP/IV.O/D/2006
Tanggal : 11 Sya’ban 1427 H / 4 September 2006

NO NAMA NBM JABATAN ALAMAT NO. TLP/HP
1 NACHROWI 635372 KETUA Desa Sidorejo Jalur 18 081271392910
2 IMAM KHUDORI 635378 ANGGOTA
3 DARSAN MUHAMMADI635374 ANGGOTA
4 SUNAR EFENDI 966573 ANGGOTA
5 MIFTAH 635376 ANGGOTA

Ketua : NACHROWI
Sekretaris : SUNAR EFENDI

DATA PIMPINAN RANTING MUHAMMADIYAH
NAMA PRM : SIDOMULYO 20
Alamat Sekretariat PRM : Desa Sidomulyo Jalur 20 Kecamatan Muara Padang Kabupaten Banyuasin

SK PCM Muara Padang
Nomor : 018/KEP/IV.O/D/2006
Tanggal : 11 Sya’ban 1427 H / 4 September 2006
NO NAMA NBM JABATAN ALAMAT NO. TLP/HP
1 AMOR 953141 KETUA Sidomulyo 20
2 AMOR ANGGOTA Sidomulyo 20 081373387936
3 YUSANTO 953142 ANGGOTA Sidomulyo 20 081632330360
4 MUKARDI 795494 ANGGOTA Sidomulyo 20 081632303088
5 DARMAJI ABDUL AZIZ 813565 ANGGOTA Sidomulyo 20 081532519595

Ketua : Amor, S.Pd
Sekretaris : YUSANTO, A.Ma.Pd

DATA PIMPINAN RANTING MUHAMMADIYAH

NAMA PRM : SUMBER MAKMUR
Alamat Sekretariat PRM : Desa Sumber Makmur Jalur 20 Kecamatan Muara Padang Kabupaten Banyuasin
SK PCM Muara Padang
Nomor : 001/KEP/IV.O/D/2007
Tanggal : 24 Muharam 1428 H / 12 Februari 2007
NO NAMA NBM JABATAN ALAMAT NO. TLP/HP
1 M.Ikhsan KETUA Sumber Makmur Jalur 20 Muara Padang 085669489963
2 SUNARTO ANGGOTA 081377813526
3 SLAMET ANGGOTA
4 KUSNO ANGGOTA
5 IKHSAN ANGGOTA

Ketua : SULIYONO, A.Ma.Pd
Sekretaris : SUNARTO

DATA PIMPINAN RANTING MUHAMMADIYAH
NAMA PRM : MARGOMULYO/ TANJUNG BARU
Alamat Sekretariat PRM : Desa Tanjung Baru Kecamatan Muara Padang Kabupaten Banyuasin

SK PCM Muara Padang
Nomor : 001/KEP/IV.O/D/2007
Tanggal : 24 Muharam 1428 H / 12 Februari 2007
NO NAMA NBM JABATAN ALAMAT NO. TLP/HP
1 JEMAIN HASYIM KETUA Desa Tanjung Baru Kec. Muara Padang 081532092564
2 IBNU HAJAR ANGGOTA
3 SHOLIHIN SYAHRUDIN ANGGOTA
4 LEMAN JIDAN ANGGOTA
5 JURI ANGGOTA
6 R.ABDUL GANI ANGGOTA
7 SUKARDI / MUKINO ANGGOTA
8 SUKARNI ANGGOTA
9 HAYUN HASYIM ANGGOTA
10 MUHAMMAD DAUT ANGGOTA
11 PARMASYAH ANGGOTA

Ketua : JEMAIN HASYIM
Sekretaris : IBNU HAJAR

DATA PIMPINAN RANTING MUHAMMADIYAH

NAMA PRM : AIR GADING
Alamat Sekretariat PRM : Desa Air Gading Jalur 20 Kecamatan Muara Padang Kabupaten Banyuasin

NO NAMA JABATAN ALAMAT NO. TLP/HP
1 HERU SUSANTO KETUA Tirto Raharjo 081368150432
2 SUPADI ANGGOTA Air Gading 081632312563
3 EKO EDI CAHYONO ANGGOTA Air Gading 085669444323
4 SUKARDI ANGGOTA Air Gading
5 ISMANI ANGGOTA Air Gading

Ketua : HERU SUSANTO
Sekretaris :SUPADI

DATA PERSONIL PIMPINAN RANTING MUHAMMADIYAH
NAMA PRM : DAYA MAKMUR
Alamat Sekretariat PRM : Desa Daya Makmur Jalur 18 Kecamatan Muara Padang Kabupaten Banyuasin

NO NAMA NBM JABATAN ALAMAT NO. TLP/HP
1 Sunardi KETUA Daya Makmur 081368150432
2 Eka Supriyadi ANGGOTA 081632312563
3 Ahmad Hikam Jauhari ANGGOTA 085669444323
4 Subardi ANGGOTA 08127153260
5 Sumono ANGGOTA

Ketua : SUNARDI
Sekretaris : EKA SUPRIYADI

DATA PIMPINAN RANTING MUHAMMADIYAH

NAMA PRM : SIDOHARJO
Alamat Sekretariat PRM : Desa Sidoharjo Jalur 10 Kecamatan Muara Padang Kabupaten Banyuasin

SK PCM Muara Padang
Nomor : 015/KEP/IV.O/D/20076
Tanggal : 11 Sya’ban 1427 H / 4 September 2006
NO NAMA NBM JABATAN ALAMAT NO. TLP/HP
1 JURIYANTO 805445 KETUA Sidoharjo
2 ROZIUN ANGGOTA Sidoharjo
3 TAUHID 751446 ANGGOTA Sidoharjo
4 MUBAROK 805470 ANGGOTA Sidoharjo 081367241332
5 MUHIBAH 805442 ANGGOTA Sidoharjo
6 BISRI ANGGOTA Sidoharjo
7 SUTAR 751448 ANGGOTA Sidoharjo
8 SIAMTO ANGGOTA Sidoharjo

Ketua : JURIYANTO
Sekretaris : ROZIUN

DATA PIMPINAN RANTING MUHAMMADIYAH

NAMA PRM : DAYA MURNI
Alamat Sekretariat PRM : Desa Daya Murni Jalur 16 Kecamatan Muara Padang Kabupaten Banyuasin

SK PCM Muara Padang
Nomor : 010/KEP/IV.O/D/20076
Tanggal : 11 Sya’ban 1427 H / 4 September 2006

NO NAMA NBM JABATAN ALAMAT NO. TLP/HP
1 Tri Ariansyah KETUA Daya Murni 081273248178
2 Amar ANGGOTA Daya Murni
3 Iskandar ANGGOTA Daya Murni
4 Ali Solikin ANGGOTA Daya Murni
5 Ahmad Munari ANGGOTA Daya Murni

Ketua : TRI ARIANSYAH
Sekretaris : ISKANDAR

DATA PIMPINAN RANTING MUHAMMADIYAH

NAMA PRM : GANESHA MUKTI
Alamat Sekretariat PRM : Desa Ganesha Mukti Jalur 14 Kecamatan Muara Sugihan Kabupaten Banyuasin

SK PCM Muara Padang
Nomor : 020/KEP/IV.O/D/2006
Tanggal : 12 Ramadhan 1427 H / 6 Oktober 2006

NO NAMA NBM JABATAN ALAMAT NO. TLP/HP
1 Samsudin 825924 KETUA Ganesha Mukti
2 Ikbal Kamaruzaman751444 ANGGOTA Ganesha Mukti
3 Sarjo ANGGOTA Ganesha Mukti
4 Wawan Hermawan 825926 ANGGOTA Ganesha Mukti 081271651586
5 Agus 825927 ANGGOTA Ganesha Mukti
6 Bakri 760361 ANGGOTA Ganesha Mukti

Ketua : SAMSUDIN
Sekretaris : WAWAN HERMAWAN

DATA PIMPINAN RANTING MUHAMMADIYAH
NAMA PRM : MARGORUKUN
Alamat Sekretariat PRM : Desa Jalur 14 Kecamatan Muara Sugihan Kabupaten Banyuasin

NO NAMA NBM JABATAN ALAMAT NO. TLP/HP
1 SUMBADI KETUA Margorukun 085267346079
2 KARTOMIARSO ANGGOTA Margorukun 081364927902
3 SULAEMAN ANGGOTA Margorukun
4 ANGGOTA Margorukun
5 ANGGOTA Margorukun

Ketua : SUMBADI
Sekretaris : KARTOMIARSO

DATA PIMPINAN RANTING MUHAMMADIYAH
NAMA PRM : TIRTAHARJA
Alamat Sekretariat PRM : Desa Tirtaharja Jalur 14 Kecamatan Muara Sugihan Kabupaten Banyuasin

NO NAMA NBM JABATAN ALAMAT NO. TLP/HP
1 YAHMAN KETUA Tirtaharja 081373246007
2 MUSTOLIH ANGGOTA Tirtaharja
3 SINGKIR ANGGOTA Tirtaharja
4 SAMSUL HUDA, S.H.I ANGGOTA Tirtaharja
5 MUKTADI, S.Pd ANGGOTA Tirtaharja

Ketua : YAHMAN
Sekretaris : MUSTOLI

DATA PIMPINAN RANTING MUHAMMADIYAH
NAMA PRM : REJOSARI
Alamat Sekretariat PRM : Desa Rejosari Jalur 14 Kecamatan Muara Sugihan Kabupaten Banyuasin

SK PCM Muara Padang
Nomor : 002/KEP/IV.O/D/2007
Tanggal : 24 Muharam 1428 H / 12 Februari 2007

NO NAMA NBM JABATAN ALAMAT NO. TLP/HP
1 MIHARTO KETUA Rejosari 081368813299
2 URIP HS ANGGOTA Rejosari
3 BASRIYANTO ANGGOTA Rejosari
4 UDIN SARWANTO ANGGOTA Rejosari
5 MUHDI UTOMO ANGGOTA Rejosari

Ketua : MIHARTO
Sekretaris : URIP HS

DATA PIMPINAN RANTING MUHAMMADIYAH
NAMA PRM : ARGOMULYO
Alamat Sekretariat PRM : Desa Argomulyo Jalur 14 Kecamatan Muara Sugihan Kabupaten Banyuasin

NO NAMA NBM JABATAN ALAMAT NO. TLP/HP
1 SLAMET RIYONO KETUA Argomulyo 081368635460
2 NARDI ANGGOTA Argomulyo
3 ZAMERI ANGGOTA Argomulyo
4 SUWARNO ANGGOTA Argomulyo
5 JON AFRIZAL ANGGOTA Argomulyo

Ketua : SLAMET RIYONO
Sekretaris : NARDI

DATA PIMPINAN RANTING MUHAMMADIYAH

NAMA PRM : SUGIHWARAS
Alamat Sekretariat PRM : Desa Sugihwaras Jalur 16 Kecamatan Muara Sugihan Kabupaten Banyuasin

NO NAMA NBM JABATAN ALAMAT NO. TLP/HP
1 AHMAD USTAD KETUA Sugihwaras 085367037155
2 SUPARLAN ANGGOTA Sugihwaras 081377868266
3 HASAN SAHUDI ANGGOTA Sugihwaras 085268976928
4 WAGINO ANGGOTA Sugihwaras
5 HERI SANTOSO ANGGOTA Sugihwaras

Ketua : AHMAD USTADZ
Sekretaris : SUPARLAN

ROGRAM KERJA
PIMPINAN CABANG MUHAMMADIYAH MUARA PADANG
PERIODE 2010-2015

A. KONSOLIDASI ORGANISASI
1. Meningkatkan komunikasi dan pemberdayaan organisasi secara vertical
2. Meningkatkan fungsi managemen organisasi dan amal usaha.
3. Meningkatkan pemahaman keislaman dan kemuhammadiyahan kepada anggota dan pimpinan persyarikatan.
4. Meningkatkan frekuensi kunjungan ke ranting-ranting dalam rangka pembinaan organisasi.
5. Menertibkan administrasi organisasi Muhammadiyah
6. Rehabilitasi Kantor Cabang Muhammadiyah.
7. Sosialisasi Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah tangga Muhammadiyah kepada unsur Pimpinan Persyarikatan pimpinan amal usaha, anggota dan simpatisan Muhammadiyah.

B. DANA PERSYARIKATAN
1. Mengaktifkan penggalian dana dari anggota Muhammadiyah berupa Uang Infak Siswa (UIS) Uang Infak Guru (UIG)
2. Menggali dana dari donator ekstern Muhammadiyah yang halal dan tidak mengikat.

C. PROGRAM PER BIDANG

1. BIDANG TABLIGH DAN DAKWAH KHUSUS
1. Mengkatifkan pengajian pimpinan Cabang/ Ranting. Yang dilaksanakan secara bergilir tempatnya di tiap ranting.
2. Mengadakan kunjungan tabligh ke ranting-ranting.
3. Mengadakan pelatihan bagi mubaligh
4. Mengadakan Safari Ramadhan ke ranting-ranting.

2.. BIDANG PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH
1. Meningkatkan mutu pendidikan Muhammadiyah guna tercapai tujuan Muhammadiyah.
2. Mengembangkan fungsi lembaga pendidikan Muhammadiyah sebagai alat dakwah.
3. Meningkatkan pemahaman Al Islam dan Kemuhammadiyahan bagi pendidik.
4. Mendirikan SMP Muhammadiyah 2 Muara Sugihan
5. Mendirikan SMA/SMK Muhammadiyah
6. Merintis pendirian pusat perguruan Muhammadiyah.
7. Hizbul Wathan, Tapak suci, dan IPM adalah kegiatan wajib ekstrakurikuler di sekolah-sekolah Muhammadiyah.

3. BIDANG PENDIDIKAN KADER
1. Mengadakan Pelatihan Baitul Arqom atau Darul Arqom.
2. Mengikuti kegiatan perkaderan yang diadakan oleh PDM/PWM
3. Menjadikan lembaga pendidikan Muhammadiyah sebagai basis pengkaderan melalui kegiatan IPM, Tapak suci, dan Hizbul Wathon

4. BIDANG KESEHATAN DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT
1. Membantu anggota/simpatisan yang terkena musibah.
2. Memberikan bantuan / santunan social bagi kaum duafa.
3. Melanjutkan pendirian Klinik Muhammadiyah
4. Mengadakan bakti sosial berupa pengobatan gratis / sunatan massal.

5. BIDANG EKONOMI DAN KEWIRAUSAHAAN
1. Mendirikan Koperasi/BMT/BTM
2. Pemanfaatan tanah/ lahan milik Muhammadiyah sehingga menjadi lahan yang produktif.
3.

6. BIDANG WAKAF, ZAKAT, INFAK, DAN SHODAQOH
1. Menertibkan inventarisasi tanah-tanah milik Muhammadiyah.
2. Mengusahakan status hokum kepemilikan tanah Muhammadiyah.
3. Memberdayakan LAZIS Muhammadiyah dengan merestrukturisasi pengurus.

7.BIDANG PUSTAKA DAN INFORMASI
1. Membangkitkan kembali penerbitan MAJALAH HIKMAH yang sempat terhenti.
2. Mendirikan perpustakaan mini di kantor Cabang Muhammadiyah.
3. Pemanfaatan Tekhnologi Informasi (IT) dalam pengiriman dan penerimaan Informasi (SMS, email, dll) email: mukardi@yahoo.co.id

D. REKOMENDASI
1. Internal
a. Pimpinan Cabang agar mengusahakan berdirinya ranting- ranting Muhammadiyah yang baru.
b. Agar senantiasa mengikuti semua kegiatan yang diadakan oleh Pimpinan Daerah/ Wilayah.
c. Menjalin hubungan silaturahmi dengan Cabang Muhammadiyah tetangga sekitar (Muara Padang, Makarti Jaya)
d. Meningkatkan frekuensi kunjungan ke Ranting dalam rangka konsolidasi organisasi dan sosialisasi peraturan dan kebijakan Muhammadiyah.
e. Mengkaderkan anak anggota Muhammadiyah dari usia dini, untuk disekolahkan di perguruan Muhammadiyah.

2. Eksternal
a. Berpartisipasi aktif dalam kegiatan dakwah yang dilakukan oleh pemerintah ataupun ormas islam lain.
b. Menjalin Ukhuwah Islamiyah dengan ormas Islam yang lain.
c. Memberikan masukan kritik dan saran kepada pemerintah dalam menjalankan kebijakan
d. Mendukung kepolisian agar serius dalam menangani kemungkaran ( Narkoba, Miras, VCD porno, perjudian )

DATA AMAL USAHA PENDIDIKAN YANG DIKELOLA PCM MUARA PADANG
TAHUN 2014

NO NAMA SEKOLAH BERDIRI ALAMAT KEPALA SEKOLAH
1 TK ABA 1 2002 Sidomulyo 20 Supiyah, A.Ma.Pd
2 TK ABA 2 2003 Sumber Makmur Alip Pupiningsih
3 TK ABA 3 2004 Sugihwaras Partini
4 TK ABA 4 2004 Argomulyo Siti Kalimah,S.Pd
5 TK ABA 5 2005 Sidorejo Yuliati , S.Pd
6 TK ABA 6 2005 Daya Murni Supartini
7 TK ABA 7 2006 Rejosari Kasmitri
8 TK ABA 8 2006 Sumber Mulyo Nursimis, A.Ma
9 TK ABA 9 2010 Beringin Agung Yatini
10 TK ABA 10 2012 Tirtoraharjo Iskayah
11 TK ABA 11 2013 Margo Sugihan Wiji Sawilah, S.Pd
12 TK ABA 12 2013 Tiroraharjo Damini
13 TK ABA 13 2013 Air Gading Solbiah, A.Md
14 SMP Muhammadiyah 1 1995 Air Gding Nikas Gian Raharjo, S.Pd,MM
15 SMP Muhammadiyah 2 2013 Daya Murni Mukardi, S.Pd
16 SMA Muhammadiyah 1 2005 Daya Makmur M. Rohimin, S.Pd.I

DATA AMAL USAHA BIDANG EKONOMI

NO NAMA USAHA ALAMAT TAHUN PENDIRIAN BIDANG USAHA PENGELOLA LUAS KET
1.Koperasi Surya Sumber Makmur Jlr 20 1995 Simpan Pinjam PRM Sumber Makmur Aktif
2.Koperasi Ranting Sidomulyo Jlr 20 2003 Simpan pinjam PRM Sidomulyo 20 Macet
3.Lahan Sawah Daya Murni Jlr 16 2005 Pertanian PRM Daya Murni 2 Ha Disewakan
4.Lahan Sawah Ganesha Mukti Jlr 14 2000 Pertanian PRM Ganesha Mukti 1 Ha Disewakan

6.Kebun Karet Sidorejo Jlr 18 2008 Perkebunan PRM Sidorejo 1 Ha
7.Koperasi Surya Sejahtera Air Gading Jlr 20 2008 Simpan Pinjam SMP Muhammadiyah 1 Aktif

DATA TANAH MILIK PERSYARIKATAN MUHAMMADIYAH MUARA PADANG

1.Sebidang Tanah Fasilitas 7.200 Sumber Makmur Hibah 593/ 18 /sm /2007 Bangunan Kantor PCM
TK ABA 2 PCM
2.Sebidang Tanah fasilitas 30.375 Daya Makmur Hibah 593/03/DM/2004 Bangunan SMA M PCM
3.Sebidang Tanah fasilitas 10.200 Air Gading Hibah 140/042/AG/IV/2006 Bangunan SMP Muh. 1 PCM
4.Sebidang tanah pekarang 750 Daya Murni Wakaf dari Ibu Ponirah Gedung Dakwah PRM Daya Murni
5.Sebidang Tanah Sawah 10.000 Daya Murni Wakaf dari Bapak Kassau Sertifikat Hak milik No 1223 Sawah(Disewakan) PRM Daya Murni
6.Sebidang Tanah fasilitas 750 Daya Murni Hibah 593/144/DM/2008 Gedung TK ABA 6 PRM Daya Murni
7.Sebidang tanah 900 Daya Murni Hibah 593/145/DM/2008 Bangunan Masjid PRM Daya Murni
8.Sebidang Tanah fasilitas 1.000 Sidomulyo Hibah 593/03/SDM.20/XII/2002 Bangunan TK ABA 1
Bangunan Madrasah PRM Sidomulyo
9.Sebidang tanah 1.000 Argomulyo Pelimpahan Hak (hidup)Dari KUD Rukun Mulyo Bangunan TK ABA 4 PRM Argomulyo
10.Dua Bidang Tanah jalur hijau 2.000
2.000 Sidorejo Hibah 129/SP/A/VIII/88 Bangunan Masjij eks TK ABA PRM Sidorejo
11.Sebidang Tanah fasilitas 10.320 Sidorejo Wakaf 1333SPT/SJ/A/XII/88 Kebun Karet PRM Sidorejo
12.Sebidang tanah termasuk lahan fasilitas 2.500 Lokasi No 33
Sidorejo Beli dari kasmaja 73/TDpt/DS/UPTIV/Ags18/1987
Sertifikatno P 312. St 8156573 sawah PRM Sidorejo
13.Sebidang tanah sawah 10.000 Ganesa Mukti Hak milik (beli dari maryono) Hak milik 746Ds Ganesa Mukti Sawah disewakan PRM Ganesa Mukti
14.Sebidang tanah pekarangan 2.500 Ganesa Mukti Hak milik (Beli dari Maryono) Hak milik 747/Ds Ganesa Mukti Bangunan Masjid PRM Ganesa Mukti
15.Sebidang tanah Fasilitas 1.250 Rejosari Hibah Desa 593/22/RS/2011 Bangunan TK ABA 7 Rejosari PRM Rejosari
16 .Sebidang tanah 5.000 Tirta harja Wakaf Dr Bpk Tafsir Pesawahan PRM Tirtaharja
17.Sebidang Tanah 2.000 Daya Murni Wakaf dari Bpk Abdul Bashir dan Bpk Kassau 593.5/023/SWK/DM/2011 SMP Muh. 2 PRM Daya Murni
18.Sebidang Tanah 24.000 Sidomulyo 20 Hibah Desa 593/001/SDM.20/2011 Direncanakan Pusat Dakwah Muhamadiyah PCM
19.Sebidang tanah 1.200 Beringin Agung Hibah Desa TK ABA 9 PRM Rejosari
20.Sebidang tanah 10.000 Sidomulyo 20 Hibah Desa PRM Sidomulyo 20

 

Sumber:  http://pimpinancabangmuarapadang.wordpress.com/2014/07/15/167/


Tags:
facebook twitter delicious digg print pdf doc Kategori : Sejarah PCM

Berita

Agenda

Pengumuman

Link Website